Monday 18 February 2013

Merubah dan Mengatur Permalink di Blogspot


Sebuah permalink (atau permanent link) adalah alamat URL yang me-link kesebuah webpost atau berita tertentu dalam sebuah website atau blog. Blogger membuat permanent link ini berdasarkan pada judul post anda. Sebagai contoh jika judul post anda adalah “Hallo Dunia”, permalink posting blog anda akan menjadi seperti ini http://bloganda.blogspot.com/2012/06/hallo-dunia.html. Permalink pada blogger dibatasi hanya sampai 36 karakter. Sampai kini Blogger tidak pernah mengijinkan user untuk mengontrol untuk melakukan editing dari permalink tersebut.

Namun, kini sudah ada perubahan pada Blogger dengan mengijinkan anda untuk memutuskan permalink seperti apa yang ingin anda tampilkan pada posting log anda.




Fitur ini saat ini masih tersedia pada versi Blogger Draft. So, jika anda ingin mencobanya silakan langsung ke alamat ini  http://draft.blogger.com dan buat sebuah posting baru. Di dalam post options / setelan entri anda akan melihat sebuah opsi permalink.



Jika anda memilih “Automatic URL” (sebagai opsi defaultnya), Blogger akan menghasilkan permalink secara otomatis (dari judul entri post anda). Jika anda ingin mengatur URL sendiri, pilih opsi “Custom URL /URL Khusus” dan anda bisa memasukkan pilihan permalink anda di sini. Anda diijinkan untuk memasukkan karakter jenis alphabets, hyphens dan underscores. Sebagai contoh hasilnya ada di bawah ini :



Hasil akhir Permalink akan menjadi seperti ini
http://alamatbloganda/th/bln/permalink-yang-anda-tentukan

Dalam contoh yang saya buat hasilnya akan seperti ini
http://mustafiid.blogspot.com/2013/02/cara-merubah-dan-mengatur-permalink-pada-blogspot.html

Blogger tidak mengijinkan anda untuk memodifikasi Permalinks posting lama anda namun anda bisa membuat fitur ini bekerja pada setiap posting baru yang akan anda buat. Nampaknya juga, pada fitur ini tidak ada batasan karakter, sampai saat posting ini saya tulis. jadi anda bisa mengatur permalink tanpa takut dibatasi / terpotong. Namun, blogger bisa merubah batasannya di masa mendatang, karena ini masih dalam versi draft mereka.

0 comments:

Post a Comment